• Telepon Customer Service : 121 atau 021-121; ikuti petunjuk CSnya, atau
  • e-mail ke kontak_pelanggan@kereta-api.co.id dengan menjelaskan permasalahan dan meminta kode booking, jangan lupa menulis nomor identitas (KTP/SIM yang digunakan untuk melakukan transaksi), nama lengkap, tujuan keberangkatan, jadwal keberangkatan, dan scan KTP (buat validasi karena kasian CSnya kalau ntar dia kena masalah). CS akan membalas surat elektronik Anda dengan memberi detail transaksi beserta kode booking dan langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan ketika akan boarding. Pihak PT-KAI akan merespon dengan sangat cepat, saya tinggal mandi 10 menit sudah mendapat jawaban! Jadi jangan ragu untuk mengontak mereka via e-mail.

Nah, sengaja saya pasang di atas karena saya tau itulah inti dari semua TL;DR (penting maupun ga penting) yang akan Anda temui di artikel ini. Dan …Iya. Gw panik. Siapa yang ngga panik (kecuali yang udah pengalaman ilang) kalau struk pemesanan tiket kereta api yang dibeli dari minimarket tiba-tiba lenyap ditelan naga. Tapi ternyata solusinya sangat mudah, dan tepat berada di hidung Anda!

Sebelum Anda scroll ke bawah, biarlah saya menceriterakan dulu apa yang sebenarnya harus diingat ketika memesan tiket kereta api:

  1. Nomor booking
  2. Tujuan keberangkatan
  3. Jadwal keberangkatan

Ketika Anda memesan tiket kereta api dari pihak ketiga (minimarket dll.), maka yang Anda perlu ingat adalah ketiga hal ini. Jelaslah tujuan dan jadwal keberangkatan harus diingat karena kalau kita tidak tahu tujuan dan jadwal… mungkin Anda harus cek dokter apakah Anda amnesia atau ngga. Tetapi kedua hal tersebut bukanlah yang paling utama. Yang paling penting dan harus diingat adalah nomor booking. Walaupun Anda amnesia, struk Anda hilang atau ditelan naga, kalau Anda pernah mencatat nomor booking tersebut Anda dapat melakukan pelacakan mandiri dengan mengunjungi situs PT KAI. Sistem komputer akan menampilkan seluruh informasi yang diperlukan berdasarkan masukan nomor tersebut. Tapi kenyataannya, nomor inilah yang paling sering terlupakan atau hilang. Jadi, kalau Anda lupa nomor penting ini, segeralah kontak Customer Service PT KAI. Anda bisa melupakan struk yang dimakan naga tersebut karena sesungguhnya itu ga penting. Yang penting adalah nomor bookingnya. Kesimpulannya?

  1. LUPA KODE BOOKING
    • Telepon CS di 121 atau 021-121, jangan lupa siapkan KTP… ATAU,
    • e-mail kontak_pelanggan@kereta-api.co.id dengan menyertakan data diri:
      1. Nomor Identitas (KTP/SIM sesuai yang dipakai waktu transaksi),
      2. Nama lengkap sesuai KTP,
      3. Tujuan Keberangkatan (Gambir-Bandung, misalnya),
      4. Jadwal Keberangkatan (Pukul 12.40, misalnya),
      5. Tipe Kereta (Eksekutif, Bisnis, etc.),
      6. Scan KTP kalau ada.
    • Setelah mendapatkan kode booking dari CS, verifikasi booking dengan mengunjungi TAUTAN INI dan klik tombol “Cek Kode Booking”. Masukkan kode booking Anda di form, klik submit dan cek apakah detil yang ditampilkan benar.
  2. INGAT KODE BOOKING, LUPA TUJUAN/JADWAL KEBERANGKATAN
    • …gw ga tau apa ada tipe orang kaya gini.
    • kunjungi TAUTAN INI  dan klik tombol “Cek Kode Booking”. Masukkan kode booking Anda di form, klik submit dan cek apakah detil yang ditampilkan benar.
  3. VERIFIKASI/ MELIHAT DETIL BOOKING
    • sama saja caranya. Kunjungi TAUTAN INI dan klik tombol “Cek Kode Booking”. Masukkan kode booking Anda di form, klik submit dan cek apakah detil yang ditampilkan benar.

Ketika Anda sudah merasa lega, jangan lupa memberi CS terima kasih (walau via email mungkin cuma dianggap lalu) untuk pelayanan yang sangat baik dan cepat. Semoga sejahtera selalu, PT KAI!

 

  • minor edit 14feb2017: perbaharui link tautan pencarian dynamic link kode booking.
Advertisements